cari apa ?

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Krisis ekonomi yang berkepanjangan telah menyebabkan meningkatnya jumlah penderita penyakit...

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN JIWA DENGAN KECEMASAN (ANXIETAS)


BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Krisis ekonomi yang berkepanjangan telah menyebabkan meningkatnya jumlah penderita penyakit jiwa, terutama gangguan kecemasan. Berbagai macam krisis yang terjadi sebenarnya bukan krisis ekonomi sebagai pangkal masalahnya, melainkan mendasar pada kesehatan mental bangsa ini sendiri. Minimnya perhatian terhadap kesehatan mental bangsa termanifestasi dalam begitu banyak masalah yang disebut krisis multidimensional. Pernyataan ini dinyatakan dengan jelas oleh dr. Danardi Sosrosumihardjo, Sp.K.J., dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) dalam konferensi pers Konvensi Nasional Kesehatan Jiwa ke-2, yang bertema “Kesehatan Jiwa Masyarakat, Kesehatan Jiwa Bangsa,” pada hari Kamis (9/ 10) di Jakarta.
Pernyataan ini bukanlah tanpa dasar. Krisis ekonomi yang terus berkepanjangan ternyata meninggalkan kisah-kisah menyedihkan dengan meningkatnya jumlah penderita ganngguan jiwa, terutama jenis anxietas (gangguan kecemasan). Gejala gangguan kesehatan mental yang mencakup mulai dari gangguan kecemasan, depresi, panik hingga gangguan jiwa yang berat seperti Schizoprenia hingga pada tindakan bunuh diri, semakin mewabah di tengah masyarakat. Dari sekian jumlah penderita yang ada baru 8% yang mendapatkan pengobatan yang memadai. Sedangkan selebihnya tidak tertangani.
Masalah gangguan jiwa yang menyebabkan menurunnya kesehatan mental ini ternyata terjadi hampir di seluruh negara di dunia. WHO (World Health Organization) badan dunia PBB yang menangani masalah kesehatan dunia, memandang serius masalah kesehatan mental dengan menjadikan isu global WHO. WHO mengangkat beberapa jenis gangguan jiwa seperti Schizoprenia, Alzheimer, epilepsy, keterbelakangan mental dan ketergantungan alkohol sebagai isu yang perlu mendapatkan perhatian.
Di Indonesia jumlah penderita penyakit jiwa berat sudah cukup memprihatinkan, yakni mencapai 6 juta orang atau sekitar 2,5% dari total penduduk. Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Mental Rumah Tangga (SKMRT) pada tahun 1985 yang dilakukan terhadap penduduk di 11 kotamadya oleh Jaringan Epidemiologi Psikiatri Indonesia, ditemukan 185 per 1.000 penduduk rumah tangga dewasa menunjukkan adanya gejala gangguan kesehatan jiwa baik yang ringan maupun berat. Dengan analogi lain bahwa satu dari lima penduduk Indonesia menderita gangguan jiwa dan mental. Sebuah fenomena angka yang sangat mengkhawatirkan bagi sebuah bangsa.




B.    Tujuan
Tujuan disusunnya makalah ini adalah agar dapat:
1.      Membedakan antara ansietas normal dengan ansietas yang dialami pada gangguan ansietas
2.      Membedakan antara ansietas, takut, dan stres
3.      Menjelaskan akibat positif dan negatif ansietas
4.      Menjelaskan tingkat ansietas dengan perubahan prilaku yang terkait dengan setiap tingkat tersebut
5.      Mendiskusikan penggunaan mekanisme pertahanan oleh individu yang mengalami gangguan ansietas
6.      Menjelaskan teori etiologi terbaru tentang gangguan ansietas mayor
7.      Menerapkan proses keperawatan pada perawatan klien yang mengalami ansietas dan gangguan terkait stres
8.      Memberi penyuluhan kepada klien, keluarga, pemberi perawatan, dan anggota masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang ansietas dan gangguan terkait stres

C.    Ruang lingkup
Ruang lingkup dari pembahasan makalah ini adalah mengenai gangguan ansietas yang dialami oleh klien, perbedaan antara ansietas, takut, dengan stres, akibat dari ansietas itu sendiri baik dari sisi positif dan negatifnya, tingkat ansietas, hingga pembahasan mengenai proses keperawatan yang tepat untuk diimplementasikan kepada klien dengan gangguan ansietas dan gangguan terkait dengan stres, serta penyuluhan untuk meningkatkan pemahaman tentang ansietas dan gangguan terkait stres   







BAB II
PEMBAHASAN
A.     Definisi
1.      “Anxietas adalah perasaan yang difius, yang sangat tidak menyenangkan, agak tidak menentu dan kabur tentang sesuatu yang akan terjadi. Perasaan ini disertai dengan suatu atau beberapa reaksi badaniah yang khas dan yang akan datang berulang bagi seseorang tertentu.  Perasaan ini dapat berupa rasa kosong di perut, dada sesak, jantung berdebar, keringat berlebihan, sakit kepala atau rasa mau kencing atau buang air besan. Perasaan ini disertai dengan rasa ingin bergerak dan gelisah. “ ( Harold I. LIEF)  “Anenvous condition of unrest” ( Leland E. HINSIE dan Robert S CAMBELL)
2.      “Anxietas adalah perasaan tidak senang yang khas yang disebabkan oleh dugaan akan bahaya atau frustrasi yang mengancam yang akan membahayakan rasa aman, keseimbangan, atau kehidupan seseorang individu atau kelompok biososialnya.” ( J.J GROEN)

B.    Gejala umum anxietas
1.      Gejala psikologik:
Ketegangan, kekuatiran, panik, perasaan tak nyata, takut mati , takut ”gila”, takut  kehilangan kontrol dan sebagainya.
2.      Gejala fisik:  
Gemetar, berkeringat, jantung berdebar, kepala terasa ringan, pusing, ketegangan otot, mual, sulit bernafas, baal, diare, gelisah, rasa gatal, gangguan di lambung dan lain-lain. Keluhan yang dikemukakan pasien dengan anxietas kronik seperti: rasa sesak nafas; rasa sakit dada; kadang-kadang merasa harus menarik nafas dalam; ada sesuatu yang menekan dada; jantung berdebar; mual; vertigo; tremor; kaki dan tangan merasa kesemutan; kaki dan tangan tidak dapat diam ada perasaan harus bergerak terus menerus; kaki merasa lemah, sehingga berjalan dirasakan beret; kadang- kadang ada gagap dan banyak lagi keluhan yang tidak spesifik untuk penyakit tertentu. Keluhan yang dikemukakan disini tidak semua terdapat pada pasien dengan gangguan anxietas kronik, melainkan seseorang dapat saja mengalami hanya beberapa gejala 1 keluhan saja. Tetapi pengalaman penderitaan dan gejata ini oleh pasien yang bersangkutan biasanya dirasakan cukup gawat.

C.    Faktor Predisposisi
1.      Teori Psikoanalitik
Menurut freud,struktur kepribadian terdiri dari 3 elemen yaitu “ID, EGO Dan SUPER EGO”. Ego melambangkan dorongaqn insting dan impuls primitif. Super ego mencerminkan hati nurani seseorang dan dikendalikan oleh norma-norma budaya seseorang , sedangkan Ego digambarkan sebagai mediator antara tuntutan dari ID dan Super Ego.
2.      Teori Interpersonal
Anxietas terjadi dari ketakutan akan penolakan interpersonal. Hal ini juga dihubungkan akan trauma pada masa pertumbuhan, seperti kehilangan, perpisahan individu yang mempunyai harga diri rendah biasanya sangat mudah mengalami anxietas yang berat.
3.      Teori Perilaku
Anxietas merupakan hasil frustasi dari segala sesuatu yang mengganggu kemampuan seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.teori ini meyakini bahwa manusia yang pada awal kehidupannya dihadapkan pada rasa takut yang berlebihan akan menunjukkan kemungkinan anxietas yang berat pada kehidupan masa dewasanya.

D.    Penggolongan Anxietas
1.      Anxietas ringan
Ansietas ringan adalah perasaan bahwa ada sesuatu yang berbeda dan membutuhkan perhatian khusus. Stimulasi sensori meningkat dan membantu individu memfokuskan perhatian untuk belajar, bertindak, menyelesaikan masalah, merasakan, dan melindungi dirinya sendiri. Anxietas ringan berhubungan dengan ketegangan akan peristiwa kehidupan sehari-hari. Pada tingkat ini lahan persepsi melebar dan individu akan berhati-hati dan waspada.
a.      Respon Fisiologis
     Sesekali nafas pendek
     Nadi dan tekanan darah naik
     Gejala ringan pada lambung
     Muka berkerut dan bibir bergetar
     Ketegangan otot ringan
     Rileks atau sedikit gelisah
b.     Respon Kognitif
     Mampu menerima rangsang yang kompleks
     Konsentrasi pada masalah
     Menyelesaikan masalah secara efektif
     Perasaan gagal sedikit
     Waspada dan memperhatikan banyak hal
     Terlihat tenang dan percaya diri
     Tingkat pembelajaran optimal
c.      Respon Perilaku dan Emosi
     Tidak dapat duduk tenang
     Tremor halus pada tangan
     Suara kadang-kadang meninggi
     Sedikit tidak sabar
     Aktivitas menyendiri
2.      Anxietas Sedang
Ansietas sedang merupakan perasaan yang mengganggu bahwa ada sesuatu yang benar-benar berbeda, individu menjadi gugup atau agitasi. Misalnya, seorang wanita mengunjungi ibunya untuk pertama kali dalam beberapa bulan dan merasa bahwa ada sesuatu yang sangat berbeda. Ibunya mengatakan bahwa berat badannya turun banyak tanpa ia berupaya menurunkannya. Pada tingkat ini lahan persepsi terhadap lingkungan menurun, individu lebih memfokuskan pada hal yang penting saat itu dan mengesampingkan hal yang lain.
a.      Respon fisiologis
     Ketegangan otot sedang
     Tanda-tanda vital meningkat
     Pupil dilatasi, mulai berkeringat
     Sering mondar-mandir, memukulkan tangan
     Suara berubah: suara bergetar, nada suara tinggi
     Kewaspadaan dan ketegangan meningkat
     Sering berkemih, sakit kepala, pola tidur berubah, nyari punggung
b.     Respon kognitif
     Lapang persepsi menurun
     Tidak perhatian secara selektif
     Fokus terhadap stimulus meningkat
     Rentang perhatian menurun
     Penyelesaian masalah menurun
     Pembelajaran berlangsung dengan memfokuskan
c.      Respon prilaku dan emosi
     Tidak nyaman
     Mudah tersinggung
     Kepercayaan diri goyah
     Tidak sadar
     gembira
3.      Ansietas berat
Ansietas berat dialami ketika individu yakin bahwa ada sesuatu yang berbeda dan ada ancaman; ia memperlihatkan respon takut dan distres. Ketika individu mencapai tingkat tertinggi ansietas, panik berat, semua pemikiran rasional berhenti dan individu tersebut mengalami respon fight, flight atau freeze-yakni, kebutuhan untuk pergi secepatnya, tetap ditempat dan berjuang, atau menjadi beku atau tidak  dapat melakukan sesuatu.
a.      Respon fisiologis
     Ketegangan otot berat
     Hiperventilasi
     Kontak mata buruk
     Pengeluaran keringat meningkat
     Bicara cepat, nada suara tinggi
     Tindakan tanpa tujuan dan serampangan
     Rahang menegang, menggetakkan gigi
     Kebutuhan ruang gerak meningkat
     Mondar-mandir, berteriak
     Meremas tangan, genetar
b.     Respon kognitif
     Lapang persepsi terbatas
     Proses berfikir terpecah-pecah
     Sulit berfikir
     Penyelesaian masalah buruk
     Tidak mampu mempertimbangkan informasi
     Hanya memerhatikan ancaman
     Preokupasi dengan pikiran sendiri
     Egosentris
c.      Respon prilaku dan emosi
     Sangat cemas
     Agitasi
     Takut
     Bingung
     Merasa tidak adekuat
     Menarik diri
     Penyangkalan
     Ingin bebas

E.     Bentuk Gangguan Anxietas
1.      Gangguan Panik
Serangan panik adalah suatu episode ansietas yang cepat, intens, dan meningkat, berlangsung 15-30 menit, ketika individu mengalami ketakutan emosional yang besar juga ketidaknyamanan fisiologis.  Diagnosis gangguan panik ditegakkan ketika individu mengalami serangan panik berulang dan tidak diharapkan yang diikuti oleh rasa khawatir yang menetap sekurang-kurangnya satu bulan bahwa ia akan mengalami serangan panik berikutnya atau khawatir tentang makna serangan panik, atau perubahab prilaku yang signifikan terkait dengan serangan panik, saat gejala-gejala tersebut bukan akibat penyalahgunaan zat atau gangguan jiwa lain. Sedikitnya lebih dari 75% individu dengangangguan panik mengalami serangan awal spontan tanpa ada pemicu dari lingkungan. Sisanya mengalami serangan panik yang distimulasi oleh stimulus fobia atau karena berada di bawah pengaruh zat yang mengubah sistem saraf pusat dan menstimulasi respon hormonal, organ, tanda vital yang sama, yamg terjadi pada serangan panik. Setengah dari individu yang mengalami serangan panik juga mengalami agorafobia.
Ada dua kriterla Gangguan panik : gangguan panik tanpa agorafobia dan gangguan panik dengan agorofobia kedua gangguan panik ini harus ada serangan panic

F.     Gambaran Klinis
Serangan panik pertama seringkali spontan, tanpa tanda mau serangan panik, walaupun serangan panik kadang-kadang terjadi setelah luapan kegembiraan, kelelahan fisik, aktivitas seksual atau trauma emosional. Klinisi harus berusaha untuk  mengetahui tiap kebiasaan atau situasi yang sering mendahului serangan panik.  Serangan sering dimulai dengan periode gejala yang meningkat dengan cepat selama 10 menit. Gejala mental utama adalah ketakutan yang kuat, suatu perasaan ancaman kematian dan kiamat. Pasien biasanya tidak mampu menyebutkan sumber ketakutannya. Pasien mungkin merasa kebingungan dan mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian. Tanda fisik adalah takikardia, palpitasi, sesak nafas dan berkeringat. Pasien seringkali mencoba untuk mencari bantuan. Serangan biasanya berlangsung 20 sampai 30 menit.
Agorafobma : pasien dengan agorafobia akan menghindari situasi dimana ia akan sulit mendapatkan bantuan. Pasien mungkin memaksa bahwa mereka harus ditemani setiap kali mereka keluar rumah.

G.    Gejala Penyerta
Gejala depresi seringkali ditemukan pada serangan panik dan agorafobia, pada beberapa pasien suatu gangguan depresi ditemukan bersama-sama dengan gangguan panik.  Penelitian telah menemukan bahwa resiko bunuh diri selama hidup pada orang dengan gangguan panik adalah lebih tinggi dibandingkan pada orang tanpa gangguan mental.

H.    Diagnosa Banding
1.      Penyakit kardiovaskuler : anemia, hipertensi, infark iniokardium, dsb.
2.      Penyakit pulmonum : asma, hiperventilasi, emboli paru-paru.
3.      Penyakit neurologis : penyakit serebrovaskular, epilepsi, inigrain, tumor, dsb.
4.      Penyakit endokrin : diabetes, hipertroidisme, hipoglikemi, sindroma pramestruasi, gangguan menopause, dsb.
lntoksikasi obat, putus obat.
5.      Kondisi lain : anafilaksis, gangguan elektrolit, keracunan logam berat, uremia dsb
      Pedoman Diagnosis Agrafobia
        Kecemasan berada di dalam suatu tempat atau situasi dimana kemungkinan sulit meloloskan diri
        Situasi dihindari, misal jarang bepergian
        Kecemasan atau penghindaran fobik bukan karena gangguan mental lain, misal fobia sosial
      Pedoman Diagnostik Gangguan Panik
        Serangan panik rekuren dan tidak diharapkan
        Sekurangnya satu serangan , diikuti satu atau lebih : kekawatiran menetap akan mengalami serangan tambahan, ketakutan tentang arti serangan, perubahan perilaku bermakna berhubungan dengan serangan
        Serangan panik bukan karena efek fisiologis langsung atau suatu kondisi medis umum
        Serangan panik tidak lebih baik diterangkan oleh gangguan mental lain. misal gangguan obsesif - kompulsif.
        Gangguan panik bisa dengan agorafobia atau tanpa agorafobia.
      Terapi
        Konseling dan medikasi.
Konseling: ajari pasien untuk diam ditempat sampai serangan panik berlalu, konsentrasikan diri untuk mengatasi anxietas bukan pada gejala fisik, rileks, latihan pernafasan. Identifikasikan rasa takut selama serangan. Diskusikan cara menghadapi rasa takut saya tidak mengalami serangan jantung, hanya panik, akan berlalu.
        Medikasi : banyak pasien tertolong melalui konseling dan tidak membutuhkan medikasi. Bila serangan sering dan berat, atau secara bermakna dalam keadaan depresi beri antidepresan (imipramin 25 mg malam hari, dosis bisa sampai 100 150 mg malam selama 2 minggu ). Bila serangan jarang dan terbatas beri anti anxietas, jangka pendek (lorazepam 0,5 1 mg 3 dd 1 atau alprazolam 0,25 1 mg 3 dd 1) hindari pemberian jangka panjang dan pemberian medikasi yang tidak perlu.
I.         Gangguan fobik
Penelitian epidemiologis di Amerika Serikat menemukan 5 10 persen populasi menderita gangguan ini.  FOBIA adalah suatu ketakutan yang tidak rasional yang menyebabkan penghindaran yang disadari terhadap obyek, aktivitas, atau situasi yang ditakuti.
Fobia spesifik: takut terhadap binatang, badai, ketinggian, penyakit, cedera, dsb
Fobia sosial: takut terhadap rasa memalukan di dalam berbagai lingkungan sosial seperti berbicara di depan umum, dsb
      Pedoman Diagnostik
        Rasa takut yang jelas, menetap dan berlebihan atau tidak beralasan (obyek /situasi)
        Pemaparan dengan stimulus fobik hampir selalu mencetuskan kecemasan
        Menyadari bahwa rasa takut adalah berlebihan
        Situasi fobik dihindari
      Terapi
Konseling dan medikasi: dorong pasien untuk dapat mengatur pernafasan, membuat daftar situasi yang ditakuti atau dihindari, diskusikan cara-cara menghadapi rasa takut tersebut. Dengan konseling banyak pasien tidak membutuhkan medikasi. Bila ada depresi bisa diberi antidepresan lmipramin 50 150 mg/ hari. Bila ada anxietas beri antianxietas dalam waktu singkat, karena bisa menimbulkan ketergantungan. Beta blokerdapat mengurangi gejala fisik.  Konsultasi spesialistik bila rasa takut menetap.
J.      Gangguan Obsesif – Kompulsif
Prevalensi seumur hidup gangguan obsesif-kompulsif pada populasi umum diperkirakan adalah 2-3 persen.
OBSESIF adalah pikiran, perasaan, ide yang berulang, tidak bisa dihilangkan dan tidak dikehendaki.
KOMPULSIF adalah tingkah-laku yang berulang, tidak bisa dihilangkan dan tidak dikehendaki.
      Pedoman Diagnosis
= Pikiran, impuls, yang berulang
= Perilaku yang berulang
= Menyadari bahwa obsesif-kompulsif adalah berlebihan atau tidak beralasan
= Obsesif-kompulsif menyebabkan penderitaan
= Tidak disebabkan oleh suatu zat atau kondisi medis umum.
 
      Diagnosi Banding
Kondisi fisik
- Gangguan neurologis (epilepsi lobul temporalis, komplikasi trauma, dsb)
Kondisi psikiatrik
- Skizofrenia, gangguan kepribadian obsesif-kompulsif, fobia, gangguan depresif.
 
      Terapi
Konseling dan medikasi : mengenali, menghadapi, menantang pikiran yang berulang dapat mengurangi gejala obsesd, yang pada akhirnya mengurangi perilaku kompulsif. Latihan pernafasan. Bicarakan apa yang akan dilakukan pasien untuk mengatasi situasi, kenali dari perkuat hal yang berhasil mengatasi situasi. Bila diperlukan bisa diberi Klomipramin 100 - 150 mg, atau golongan Selected Serotonin Reuptake Inhibitors.
Konsultasi spesialistik bila kondisi tidak berkurang atau menetap.
K.     Ganguan Stres Pasca – Trauma
Pasien dapat diklasifikasikan mendenta gangguan stres pasca-trauma, bila mereka mengalami suatu stres yang akan bersifat traumatik bagi hampir semua orang. Trauma bisa berupa trauma peperangan, bencana alam, penyerangan, pemerkosaan, kecelakaan.
Gangguan stres-pasca trauma terdiri dari: - pengalaman kembali trauma melalui mimpi dan pikiran, penghindaran yang persisten oleh penderita terhadap trauma dan penumpulan responsivitas pada penderita tersebut, kesadaran berlebihan dan persisten. Gejala penyerta yang sering dan gangguan stres pasca-trauma adalah depresi, kecemasan dan kesulitan kognitif(contoh pemusatan perhatian yang buruk)
Prevalensi seumur hidup gangguan stres pasaca-trauma diperkirakan I sampai 3 persen populasi umum, 5 sampai 15 persen mengalami bentuk gangguan yang subklinis. Walaupun gangguan stres pasca-trauma dapat terjadi pada setiap usia, namun gangguan paling menonjol pada usia dewasa muda.
      Pedoman Diagnostik
        Telah terpapar dengan peristiwa traumatik, didapati:
o       mengalami, menyaksikan, dihadapkan dengan peristiwa yang berupa ancaman kematian, atau kematian yang sesungguhanya atau cedera yang serius,atau ancaman integritas fisik diri sendiri atau orang lain
o       respon berupa rasa takut yang kuat, rasa tidak berdaya
        Keadan traumatik secara menetap dialami kembali dalam satu atau lebih cara berikut:
o       rekoleksi yang menderitakan, rekuren dan mengganggu tentang kejadian
o       Mimpi menakutkan yang berulang tentang kejadian
o       berkelakuan atau merasa seakan-akan kejadian traumatik terjadi kembali
o       penderitaan psikologis yang kuat saat terpapar dengan tanda internal atau eksternal yang menyimbolkan atau menyerupai suatu aspek kejadian traumatik
o       reaktivitas psikologis saat terpapar dengan tanda internal atau eksternal yang menyimbolkan atau menyerupai aspek kejadian traumatik
        Penghindaran stimulus yang persisten yang berhubungan dengan trauma
        Gejala menetap, adanya peningkatan kesadaran , seperti dua atau lebih berikut:
kesulitan tidur, irritabilitas, sulit konsentrasi, kewaspadaan berlebihan, respon kejut
yang berlebihan.
        Lama gangguan gejala B,C,D adalah lebih dari satu bulan.
        Gangguan menyebabkan penderitaan yang bermakna secara klinis atau gangguan dalam fungsi sosial, pekerjaan, atau fungsi penting lain.
L.      Gangguan Stres Akut
Suatu gangguan sementara yang cukup parah yang terjadi pada seseorang tanpa adanya gangguan jiwa lain yang nyata, sebagai respons terhadap stres fisik maupun mental yang luar biasa dan biasanya menghilang dalam beberapa jam atau hari. Stresornya dapat berupa pengalaman traumatik yang luar biasa . Kerentanan individu dan kemampuan menyesuaikan diri memegang peranan dalam terjadinya dan keparahannya suatu reaksi stres akut.
      Pedoman Diagnostik
Harus ada kaitan waktu yang langsung dan jelas antara terjadinya pengalaman stresor luar biasa dengan onset dan gejala. Onset biasanya setelah beberapa menit atau bahkan segera setelah kejadian. Selain itu ditemukan (a) terdapat gambaran gejala campuran yang biasanya berubah-ubah; selain gejala permulaan berupa keadaan “ terpaku” , semua gejala berikut mungkin tampak: depresif, anxietas, kemarahan, kekecewaan, overaktif dan penarikan diri, akan tetapi tidak satupun dan jenis gejala tersebut yang mendominasi gambaran klinisnya untuk waktu lama. (b) pada kasus-kasus yang dapat dialihkan dan stresomya, gejala-gejalanya dapat menghilang dengan cepat (dalam beberapa jam); dalam hal dimana stres tidak dapat dialihkan, gejala-gejala biasanya baru mulai mereda setelah 24 - 48 jam dan biasanya menghilang setelah 3 hari.
M.    Gangguan Anxietas Menyeluruh
Gambaran esensial dan gangguan ini adalah adanya anxietas yang menyeluruh dan menetap (bertahan lama), Gejala yang dominant sangat bervariasi, tetapi keluhan tegang yang berkepanjangan, gemetaran, ketegangan otot, berkeringat, kepala terasa ringan, palpitasi, pusing kepala dan keluhan epigastnik adalah keluhan­keluhan yang lazim dijumpai. Ketakutan bahwa dirinya atau anggota keluarganya akan menderita sakit atau akan mengalami kecelakaan dalam waktu dekat, merupakan keluhan yang seringkali diungkapkan
      Pedoman Diagnostik
Pasien harus menunjukan gejala primer anxietas yang berlangsung hampir setiap hari selama beberapa minggu, bahkan biasanya sampai beberapa bulan. Gejala-gejala ini biasanya mencakup hal-hal berikut : kecemasan tentang masa depan, ketegangan motorik, overaktivitas otonomik
      Terapi
Konseling dan medikasi: informasikan bahwa stres dan rasa khawatir keduanya mempunyai efek fisik dan mental. Mempelajari keterampilan untuk mengurangi dampak stres merupakan pertolongan yang paling efektif. Mengenali, menghadapi dan menantang kekhawatiran yang berlebihan dapat mengurangi gejala anxietas. Kenali kekhawatiran yang berlebihan atau pikiran yang pesimistik. Latihan fisik yang teratur sering menolong. Medikasi merupakan terapi sekunder, tapi dapat digunakan jika dengan konseling gejala menetap.  Medikasi anxietas : misal Diazepam 5 mg malam hari, tidak lebih dari 2 minggu, Beta bloker dapat membantu mengobati gejala fisik, antidepresan bila ada depresi. Konsultasi spesialistik bila anxietas berat dan berlangsung lebih dan 3 bulan.
 
ASUHAN KEPERAWATAN
PENGKAJIAN
Pengkajian ditujukan pada fungsi fisiologis dan perubahan perilaku melalui gejala atau mekanisme koping sebagai pertahanan terhadap kecemasan.
A. Kaji faktor predisposisi
      Faktor predisposisi adalah semua ketegangan dalam kehidupan yang dapat menyebabkan timbulnya kecemasan seperti:
a.      peristiwa traumatic yang dapat memicu terjadinya kecemasandengan krisis yang dialami individu baik krisis perkembangan atau situasional.
b.      konflik emosional yang dialami individu dan tidak terselesaikan dengan baik. Konflik antara id dan super ego atau antara keinginan dan kenyataan dapat menimbulkan kecemasan pada individu.
c.      konsep diri terganggu akan menimbulkan ketidakmampuan individu berpikir secara realistissehingga akan menimbulkan kecemasan.
d.      frustasi akan menimbulkan rasa ketidakberdayaan untuk mengambil keputusan yang berdampak terhadap ego.
e.      gangguan fisik akan menimbulkan kecemasan karena merupakan ancaman terhadap integritas fisik yang dapat mempengaruhi konsep diri individu.
f.        pola mekanisme koping keluarga atau pola keluarga menangani setres akan mempengaruhi individu dalam berespon terhadap konflik yang dialami karena pola mekanisme koping individu banyak dipelajari dalam keluarga.
g.      riwayat gangguan kecemasan dalam keluarga akan mempengaruhi respon individu dalam berespon terhadap konflik dan mengatasi kecemasannya.
h.      medikasi yang dapat memicu terjadinya kecemasan adalah pengobatan yang mengandung benzodiepin, karena benzodizepin dapat menekan neurotrasmiter gamma amino butyric acid (GABA) yang mengontrol aktivitas neuron di otak yang bertanggung jawab menghasilkan kecemasan.
B. kaji stressor presipitasi
      Stressor presipitasi adalah semua ketegangan dalam kehidupan yang dapat mencetuskan timbulnya kecemasan. Stressor presipitasi kecemasan dikelompokkan menjadi dua bagian:
a.Ancaman terhadap integritas fisik. Ketegangan yang mengancam integritas fisik meliputi:
        Sumber internal, mrliputi kegagalan mekanisme fisiologis system imun, regulasi suhu tubuh, perubahan biologis normal (mis.hamil)
        Sumber eksternal, meliputi paparan terhadapinfeksi virus dan bakteri, polutan lingkungan, kekurangan nutrisi, tidak adekuatnya tempat tinggal.
b. Ancaman terhadap harga diri meliputi sumber internal dan eksternal.
        Sumber internal: kesulitan dalam berhubungan interpersonal dirumah dan di tempat kerja, penyesuaian terhadap peran baru. Berbagai ancaman terhadap integritas fisik juga dapat mengancanm harga diri.
        Sumber eksternal: kehilangan orang yang dicintai, perceraian, perubahan status pekerjaan, tekanan kelompok, social budaya.
 
C. kaji perilaku
Secara langsung kecemasan dapat di ekspresikan melalui respon fisiologis dan psikologis dan secara tidak langsung melalui pengambangan mekanisme koping sebagai pertahanan melawan kecemasan.
        Respon fisiologis.
Mengaktifkan system saraf otonom(simpatis dan parasimpatis)
        Respon psikologologis.
Kecemasan dapat mempengaruhi aspek intrapersonal maupun personal.
        Respon kognitif.
Kecemasan dapat mempengaruhi kemampuan berpikir baik proses pikir maupun isis pikir, diantaranya adalah tidak mampu memperhatikan, konsentrasi menurun, mudah lupa, menurunya lapangan persepsi, bingung.
        Respon afektif.
Klien akan mengekspresikan dalam bentuk kebingungan dan curiga berlebihan sebagai reaksi emosi terhadap kecemasan.
D. kaji penilaian terhadap stressor
E. kaji sumber dan mekanisme koping
F. rentang perhatian menurun
G. gelisah, iritabilitas
H. control impuls buruk
I. perasaan tidak nyaman, ketakutan, atau tidak berdaya
J. deficit lapangan persepsi
K. penurunan kemampuan berkomunikasi secara verbal
DIAGNOSA KEPERAWATAN
        Panik yang berhubungan dengan penolakan keluarga karena bingung dan gagal mengambil keputusan.
        Kecemasan berat yang berhubungan dengan konflik perkawinan.
        Kecemasan sedang berhubungan dengan tekanan financial.
        Ketidakefektifan koping individu yang berhubungan dengan kematian saudara kandung.
        Ketidakefektifan koping individu berhubungan dengan dampak anak sakit.
        Ketakutan berhubungan dengan rencana pembedahan.

INTERVENSI KEPERAWATAN
DX 1: panik berhubungan dengan penolakan keluarga karena bingung dan gagal mengambil keputusan.
Kriteria hasil:
        Klien tidak akan menciderai diri sendiri dan orang lain.
        Klien akan berkomunikasi dengan efektif.
        Klien akan menyampaikan pengetahuan tentang gangguan panik.
        Klien akan mengungkapkan rasa ppengendalian diri.
Intervensi:
        Bantu klien berfokus pada pernapasan lambat dan melatihnya bernapas secara ritmik.
        Bantu klien mempertahankan kebiasaan makan teratur dan seimbang.
        Identifikasi gejala awal dan ajarkan klien melakukan perilaku distraksi seperti: berbicara kepada orang lain, melibatkannya dalam aktivitas fisik.
        Bantu klien melakukan bicara pada diri sendiri positif yang direncanakan sebelumnya dan  telah terlatih.
        Libatkan klien dalam mempelajari cara mengurangi stressor dan situasi yang menimbulkan ansietas.
DX 2: kecemasan berat berhubungan dengan konflik perkawinan.
kriteria hasil:
        Klien mendiskusikan tentang perasaan cemasnya.
        Klien mengidentifikasi respon terhadap stress.
        Klien mendiskusiksn suatu topik ketika bertemu dengan perawat.
Intervensi:
        Eksplorasi perasaan cemas klien, perlihatkan diri sebagai orang yang hangat, ,menjadi pendengar yang baik.
        Bantu klien mengenali perasaan cemas dan menyadari nilainya.
        Melakukan kominikasi dengan teknik yang tepat dan dimulai dari topic yang ringan.
        Bantu kilen mengidentifikasi respon terhadap sters.
 
DX 3: ketidakefektifan koping individu berhubungan dengan kematian saudara kandung.
Kriteria hasil:
        Klien memiliki koping terhadap ancaman.
        Strategi koping positif.
        Untuk mengetahui sebab biologis.
        Klien melakukan aktifitas seperti biasanya.

Intrvensi:
        Dorong klien untuk menggunakan koping adaftif dan efektif yang telah berhasil digunakan pada masa lampau.
        Bantu kien melihat keadaan saat ini dan kepuasan mencapai tujuan.
        Bantu klien untuk menentukan strategi koping positif.
        Konseling dan penyuluhan keluarga ataun orang terdekat tentang penyebab biologis.
        Dorong klien untuk melakukan aktifitas yang disukainya, hal ini akan membatasi klien untuk menggunakan mekanisme koping yang tidak adekuat.
DX 4: ketakutan yang berhubungan dengan rencana pembedahan.
Kriteria hasil:
        Meningkatkan kesadaran diri klien.
        Klien merasakan tenang dan nyaman dengan lingkungannya.
        Klien memahami rasa takutnya ekstrim dan berlebihan.
Intervensi:                                       
        Perawat harus dapat menyadari perasaan cemasnya, membuka perasaan cemasnya dan menangani secara konstruktif dan gunakan cara yang dilakukan perawat secara terapeutik untuk membantu mengatasi kecemasan klien.
        Fasilitasi lingkungan dengan stimulus yang minimal, tenang dan membatasi interaksi dengan orang lain atau kurangi kontak dengan penyebab stresnya.
        Berikan alternatif pilihan pengganti, tidak mengonfrontasi dengan objek yang ditakutinya, tidak ada argument, tidak mendukung fobianya, terapkan batasan perilaku klien untuk membantu mencapai kepuasan dengan aspek lain.







 

 

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN

Ganggauan ansietas adalah sekelompok kondisi yang memberi gambaran penting tentang ansietas yang berlebihan, disertai respon perilaku, emosional dan fisiologis. Gangguan ansietas memiliki banyak manifestasi, tetapi ansietas adalah gambaran utama pada gangguan berikut ini (DSM-IV-TR,2000):
        Gangguan panik dengan atau tanpa agrofobia.
        Gangguan fobia: sosial atau spesifik.
        Gangguan obsesif-kompulsif (ocd).
        Gangguan stres pascatrauma.
        Gangguan stres akut.
        Gangguan ansietas umum.
        Gangguan ansietas akibat kondisi medis.
        Gangguan ansietas akibat zat.
Kecemasan adalah respon emosi tanpa objek yang spesifik yang secara subjektif di alami dan dikomunikasikan secara interversonal. Hal ini bisa di kaji dengan melihat stresos predisposisi dan stresor presipitasi dan faktor yang lainnya. Sehingga kita sebagai seorang perawat bisa menerapkan proses keperawatan pada klien dengan gangguan ansietas.







DAFTAR PUSTAKA
Videbeck,Sheila L.Buku Ajar Keprawatan Jiwa.EGC,Jakarta
Suliswati,dkk.Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa.EGC,Jakarta



PROSES TERJADINYA MASALAH
1.      Pengertian
Ansietas sangat berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya. Keadaan emosi ini tidak memiliki objek yang spesifik. Kondisi dialami secara subjektif dan dikomunikasikan dalam hubungan interpersonal. Ansietas sedang adalah respon emosional terhadap penilaian tersebut. Kapasitas untuk menjadi cemas diperlukan untuk bertahan hidup, tetapi tingkat ansietas yang parah tidak sejalan dengan kehidupan.
Perasaan tidak nyaman atau ketakutan yang tidak jelas dan gelisah disertai dengan respon otonom (sumber terkadang tidak sepesifik atau tidak diketahui oleh individu), perasan yang was-was untuk mengatasi bahaya. Ini merupakan sinyal peringatan akan adanya bahaya dan memungkinkan individu untuk mengambil langkah untuk menghadapi.
Spielberger (1966) dalam Slameto (2003 : 185) membedakan kecemasan atas dua bagian; kecemasan sebagai suatu sifat (trait anxiety), yaitu kecenderungan pada diri seseorang untuk merasa terancam oleh sejumlah kondisi yang sebenarnya tidak berbahaya, dan kecemasan sebagai suatu keadaan (State Anxiety), yaitu suatu keadaan atau kondisi emosional sementara pada diri seseorang yang ditandai dengan perasaan tegang dan kekhawatiran yang dihayati secara sadar serta bersifat subyektif, dan meningginya sistem saraf otonom. Sebagai suatu keadaan, kecemasan biasanya berhubungan dengan situasi-situasi lingkungan yang khusus, misalnya situasi tes.
Kecemasan/anxiety dan kegelisahan/restlessness merupakan salah satu masalah yang banyak mendapat perhatian dan penelitian para sufi maupun para ahli psikologi. Cemas dan gelisah adalah bentuk ketakutan diri terhadap hal-hal yang belum tentu terjadi. Perasaan cemas biasanya muncul manakala seseorang berada dalam suatu keadaan yang ia duga akan merugikan dan mengancam diri, jabatan karier atau usaha bisnis nya, di mana ia merasa tidak berdaya menghadapinya. Sebenarnya apa yang dicemaskan itu belum tentu terjadi. Rasa cemas itu pada dasarnya adalah ketakutan yang kita bangun sendiri yang kemudian melahirkan prilaku gelisah. Duduk tak tenang, berdiri rasa mengambang, tidur seperti di awang-awang, makanan dan minuman terasa hambar.
2.      Penyebab
Cemas itu timbul akibat adanya respons terhadap kondisi stres atau konflik. Rangsangan berupa konflik, baik yang datang dari luar maupun dalam diri sendiri, itu akan menimbulkan respons dari sistem saraf yang mengatur pelepasan hormon tertentu. Akibat pelepasan hormon tersebut, maka muncul perangsangan pada organ-organ seperti lambung, jantung, pembuluh daerah maupun alat-alat gerak. Karena bentuk respon yanmg demikian, penderita biasanya tidak menyadari hal itu sebagai hubungan sebab akibat.
a.       Teori Biologis
  Biokimia
Biokimia dan neurofisiologis berpengaruh pada etiologi dari kelainan-kelainan ini telah diselidiki; bagaimanapun, bukti empiris selanjutnya penting sebelum hubungan definitif dapat ditentukan (Tawnsend, 1993)
  Genetik
Penyelidikan akhir-akhir ini mengindikasikan bahwa kelainan ansietas paling sering ditemukan pada populasi umum. Hal ini telah memperlihatkan bahwa kelainan ini lebih umum antara hubungan kekerabatan seseorang dengan kelainan secara biologis generasi pertama dari populasi umum (DSM-III-R, 1987)
b.      Teori psikososial
  Psikodinamik
Teori ini (Erikson, 1963) menganggap predisposisi untuk kelainan ansietas saat tugas-tugas yang diberikan untuk tahap perkembangan awal belum terpecahkan. Dalam berespon terhadap stres, prilaku dihubungkan dengan penampilan tahap dini ini, seperti regresi pada seseorang atau terfiksasi pada tahap perkembangan awal.
  Interpersonal
Sullivan (1953) melengkapi respon ansietas untuk kesukaran dalam hubungan interpersonal yang berasal dari hubungan awal Ibu-anak. Anak tidak menerima mutlak kebutuhanya akan kasih sayang dan pemeliharaan.
  Sosiokultural
Horney (1939) menyatakan kelainan ansietas dipengaruhi oleh suatu kontra diksi yang banyak terjadi dalam masyarakat yang mengkontribusi perasaan tidak aman atau ketidakberdayaan.
Faktor predisposisi
Berbagai teori yang dikembangkan untuk menjelaskan asal ansietas :
  Dalam pandangan psikoanalitik ansietas adalah konflik emosional yang terjadi antara dua element kepribadian---id dan super ego. Id mewakili dororngan insting dan impuls primitif seseorang, sedang super ego mencerminkan hati nurani seseorang dan dikendalikan oleh noma-norma budaya seseorang
  Menurut pandangan interpersonal ansietas timbul dari perasaan takut terhadap tidak adanya penerimaan dan penolakan interpersonal. Ansietas juga berhubungan dengan perkembangan trauma , seperti perpisahan dan kehilangan, yang menimbulkan kelemahan yang spesifik
  Menurut pandangan perilaku  ansietas merupakan produk frustasi yaitu segala sesuatau yang menggangu kemampuan seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pakar perilaku lain menggangap ansietas sebagai suatu dorongan untuk belajar berdasarkan keinginan dari dalam untuk menghindari kepedihan.
  Kajian keluarga menunjukkan bahwa gangguan ansietas merupakan hal yang biasa ditemui dalam suatu keluarga. Ada tumpang tindih dalam gangguan ansietas dan antara gangguan ansietas dengan depresi.
  Kajian biologis menunjukkan bahwa otak mengandung reseptor khusus untuk benzodiazepines. Reseptor ini mungkin membantu mengatur ansietas. Penghambatan asam aminobutirik-gamma neroreulator (GABA) juga mungkin memainkan peran utama dalam mekanisme biologis berhubungan dengan ansietas, sebagai mana halnya dengan endorfin.
Faktor yang berhubungan
  Terpapar racun
  Konflik yang tidak disadari mengenai nilai hidup/tujuan hidup
  Berhubungan dengan herediter
  Kebutuhan yang tidak terpenuhi
  Transmisi inter personal
  Krisis situasional/maturasi
  Ancaman kematian
  Ancaman terhadap konsep diri
  Stress
  Substans abuse
  Perubahan dalam status peran, status kesehatan, pola interaksi, fungsi peran, lingkungan, status ekonomi
3.      Akibat
  Pola nafas inefektif
  Kerusakan komunikasi verbal
  Resiko terhadap cedera
  Perubahan nutrisi
  Ketidak berdayaan
  Ketakutan
  Perubahan proses fakir
  Isolasi sosial
  Gangguan pola tidur
  Gangguan harga diri
  Respon pasca trauma
  Kerusakan interaksi sosial
4.      Janis Ansietas
  Ansietas ringan
Berhubungan dengan ketengangan dalam kehidupan sehari-hari dan menyebabkan seseorang menjadi waspada dan meningkatkan lahan persepsinya. Ansietas dapat memotivasi belajar dan menghasilkan pertumbuhan dan kreativitas
  Ansietas sedang
Memungkinkan seseorang untuk memusatkan pada hal yang penting dan mengesampingkan yang lain. Sehingga seseorang mengalami perhatian yang selektif namun dapat melakukan sesuatau yang lebih terarah.
  Ansietas berat
Ansietas berat sangat mengurangi lahan persepsi seseorang. Seseorang cenderung untuk memusatkan pada sesuatau yang terinci spesifik dan tidak dapat berfikir tentang hal lain. Semua perilaku ditujukan untuk mengurangi ketegangan. Orang tersebut memerlukan banyak pengarahan untuk dapat memusatkan pada satu area lain.
  Tingkat panik dari Ansietas
Berhubungan dengan terperangah, ketakutan dan teror. Rincian terpecah dari proporsinya. Karena mengalami kehilangan kendali, orang yang mengalami panik tidak mampu melakukan sesuatu walaupun dengan pengarahan. Karena panik melibatkan disorganisasi keperibadian. Dengan panik terjadi peningkatan aktivitas motorik, menurunya lemampuan untuk berhubungan dengan orang lain,persepsi yang menyimpang, dan kehilangan pemikiran yang rasional. Tingkat ansieta ini tidak sejalan dengan kehidupan, dan jika berlangsung lama, dapat terjadi kelelahan yang sangat bahkan kematian.


5.      Tanda dan gejala
Perilaku:
  Subyektif        :
         Klien mengatakan susah tidur
         Klien menyatakankan resah
         Klien mengatakan banyak pikiran
  Obyektif          :
         Penurunan produktifitas
         Kewaspadaan dan menatap
         Kontak mata buruk
         Gelisah
         Pandangan sekilas
         Pergerakan yang tidak bermakna (jalan menyeret, geraktangan dan kaki)
         Ekspresi yang mendalam terhadap perubahan hidup
Afektif :
  Subyektif        :
         Klien menyatakan rasa penyesalan
         Klien mengatakan takut pada sesuatu
         Klien bengatakan tidak mempu melakukan sesuatu
  Obyektif          :
         Iritabel
         Kesedihan yang mendalam
         Ketakutan
         Gugup
         Mudah tersinggung
         Nyeri hebat, persisten bertambah
         Rasa tidak menentu
         Kewaspadaan meningkat
         Fokus pada diri sendiri
         Perasaan tidak mampu
         Distress
         Khawatir
         Cemas
Fisiologi:
  Subyektif        :
         -
  Obyektif          :
         Suara gemetar
         Gemetar, tangan tremor
         Goyah
         Peningkatan respirasi (simpatis)
         Keinginan berkemih (parasimpatis)
         Ganguan tidur (parasimpatis)
         Nyeri abdomen (parasimpatis)
         Peningkatan nadi (simpatis)
         Peningkatan reflek (simpatis)
         Dilatasi pupil (simpatis)
         Perasaan tingling pada ekstermitas (parasimpatis)
         Peningkatan aktivitas kardiovaskuler (simpatis)
         Peningkatan keringat
         Wajah tegang
         Anoreksia (simpatis)
         Jantung berdetak kuat (simpatis)
         Diare (parasimpatis)
         Keraguan dalam berkemih (parasimpatis)
         Kelelahan (parasimpatis)
         Mulut kering (simpatis)
         Kelemahan (simpatis)
         Pulsasi menurun (parasimpatis)
         Wajah memerah (simpatis)
         Vasokonstriksi superfisial (simpatis)
         Gugup (simpatis)
         Penurunan tekanan darah (parasimpatis)
         Mual (parasimpatis)
         Sering berkemih (parasimpatis)
         Pusing (parasimpatis)
         Kesulitan bernafas (simpatis)
         Peningkatan tekanan darah (simpatis)
Kognitif:
  Subyektif        :
         Klien menyatakan bingung
         Klien sering mengatak lupa
         Klien sering menanyakan pertanyaan yang sama
  Obyektif          :
         Bloking
         Keasikan
         Merenung
         Kerusakan perhatian
         Penurunan lapang persepsi
         Ketakutan terhadap hal yang tidak jelas
         Kecenderungan untuk menyalahkan orang lain
         Sulit berkonsentrasi
         Penurunan kemampuan belajar, menyelasaikan masalah
         Gejala kewaspadaan fisiologis

6.      Masalah keperawatan menurut Stuart and Sunden (1998)
a.       Anxietas
b.      Isolasi sosial : menarik diri
c.       Koping individu tidak efektif
d.      Tidak efektifnya koping keluarga
e.       Harga diri rendah : Gangguan konsep diri.
f.       Perilaku kekerasan
g.      Tidak efektifnya pelaksanaana regimen terapeutik
7.      Pohon masalah
8.      Diagnosa keperawatan
a.       Anxietas berhubungan dengan Koping individu tidak efektif
b.      Anxietas berhubungan dengan Tidak efektifnya koping keluarga
c.       Resiko gangguan pesepsi sensorik dan audiotori : Halusinasi berhubungan dengan Ansietas
d.      Resiko gangguan isi fikir : Waham berhubungan dengan Anxietas 

9.      Rencana keperawatan
Diagnosa
Perencanaan
Intervensi
Keperawatan
Tujuan (Umum dan Khusus)
Berhubungan dengan ansietas sedang
TUM :
TUK 1
Klien dapat menjalin dan membina hubungan saling percaya
1.      jadilah pendengar yang hangat dan responsif
2.      beri waktu yang cukup pada klien untuk berespon
3.      beri dukungan pada klien untuk mengekspresikan perasaannya
4.      identifikasi pola prilaku klien atau pendekatan yang dapat menimbulkan perasaan negatif
5.      bersama klien mengenali perilaku dan respon sehingga cepat belajar dan berkembang

TUK 2
Klien dapat mengenal ansietasnya
1.      bantu klien untuk mengidentifikasi dan menguraikan perasaannya
2.      hubungkan perilaku dan perasaannya
3.      validasi kesimpulan dan asumsi terhadap klien
4.      gunakan pertanyaan terbuka untuk mengalihkan dari topik yang mengancam ke hal yang berkaitan dengan konflik
5.      gunakan konsultasi



TUK 3
Klien dapat memperluas kesadarannya terhadap perkembangan ansietas
1.      bantu klien mernjelaskan situasi dan interaksi yang dapat segera menimbulkan ansietas
2.      bersama klien meninjau kembali penilaian klien terhadap stressor yang dirasakan mengancam dan menimbulkan konflik
3.      kaitkan pengalaman yang baru terjadi dengan pengalaman masa lalu yang relevan

TUK 4
Klien dapat menggunakan mekanisme koping yang adaptif
1.      gali cara klien mengurangi ansietas di masa lalu
2.      tunjukkan akibat mal adaptif dan destruktif dari respons koping yang digunakan
3.      dorong klien untuk menggunakan respons koping adaptif yang dimilikinya
4.      bantu klien untuk menyusun kembali tujuan hidup, memodifikasi tujuan, menggunakan sumber dan menggunakan koping yang baru
5.      latih klien dengan menggunakan ansietas sedang
6.      beri aktivitas fisik untuk menyalurkan energinya
7.      libatkan pihak yang berkepentingan sebagai sumber dan dukungan sosial dalam membantu klien menggunakan koping adaptif yang baru

TUK 5
Klien dapat menggunakan teknik relaksasi
  1. ajarkan klien teknik relaksasi untuk meningkatkan kontrol dan rasa percaya diri
  2. dorong klien untuk menggunakan relaksasi dalam menurunkan tingkat ansietas


C.    DAFTAR PUSTAKA

Carpenito, L.J., !998. Buku Saku Diagnosis Keperawatan. Edisi 6. Alih Bahasa : Yasmin Asih. Editor Monica Aster, Jakarta : EGC.

Keliat, Budi Anna. 1998. Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa. Editor Yasmin Asih, Jakarta : EGC

------------------,2000. Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa. Editor Yasmin Asih, Jakarta : EGC.

Townsend, M. C., 1998. Buku Saku Diagnosa Keperawatan Pada Keperawatan Psikiatri. Edisi 3. Alih Bahas Novi Helena. Rditor Monica Ester, Jakarta : EGC.

Rasmun, 2001, Kepwrawatan Kesehatan Mental Psikiatri Terintegrasi Dengan Keluarga.  Edisi Pertama, Jakarta : CV, Sagung Seto.

Struart, G.W., S undeen, S.J., 1998. Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 3, Jakarta




















Askep pada Klien Hospitalisasi


BAB I
PENDAHULUAN
    A.    Latar Belakang
Hospitalisasi merupakan perawatan yang dilakukan dirumah sakit dan dapat menimbulkan trauma dan stress pada klien yang baru mengalami rawat inap dirumah sakit. Hospitalisasi dapat diartikan juga sebagai suatu keadaan yang memaksa seseorang harus menjalani rawat inap di rumah sakit untuk menjalani pengobatan maupun terapi yang dikarenakan klien tersebut mengalami sakit. Pengalaman hospitalisasi dapat mengganggu psikologi seseorang terlebih bila seseorang tersebut tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya di rumah sakit. Pengalaman hospitalisasi yang dialami klien selama rawat inap tersebut tidak hanya mengganggu psikologi klien, tetapi juga akan sangat berpengaruh pada psikososial klien dalam berinteraksi terutama pada pihak rumah sakit termasuk pada perawat.
Masalah yang dapat ditimbulkan dari hospitalisasi biasanya berupa cemas, rasa kehilangan, dan takut akan tindakan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit, jika masalah tersebut tidak diatasi maka akan mempengaruhi perkembangan psikososial, terutama pada anak-anak. Masalah tersebut akan berpengaruh pada pelayanan keperawatan yang akan diberikan, karena yang mengalami masalah psikososial akibar hospitalisasi cenderung tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan di rumah sakit. Hal ini tentu saja akan menyebabkan terganggunya interaksi baik dari perawat maupun tim medis lain di rumas sakit.
Untuk mencegah supaya masalah hospitalisasi teratasi maka peran perawat adalah tetap memberikan dukungan  (support) dan dorongan kepada klien yang efektif agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan tetap menjaga kepercayaan klien agar klien tidak merasa takut akan tindakan yang akan dilakukan oleh perawat. Selain itu perawat juga berperan sebagai promotif  yang memberikan pandangan pada keluarga agar selalu setia mendampingi dan memberi perhatian lebih pada klien yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Hal ini menjadi salah satu pendukung karena kehadiran orang terdekat dapat mengurangi rasa cemas maupun jenuh selama klien mengalami perawatan.


    B.     Tujuan Penulisan
1.    Tujuan Umum
Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah agar mahasiswa mampu mengetahui asuhan keperawatan pada klien yang mengalami hospitalisasi

2.    Tujuan Khusus
a.       Menjelaskan konsep dasar hospitalisasi
b.      Mengidentifikasi asuhan keperawatan pada klien hospitalisasi secara teoritis

     C.     Ruang lingkup penulisan
Ruang lingkup dari penulisan makalah ini, yaitu asuhan keperawatan pada klien dengan hospitalisasi yang mencakup konsep dasar dan asuhan keperawatan hospitalisasi secara teoritis

     D.    Metode  Penulisan
Metode penulisan pada makalah ini dengan metode deskriptif dan melalui pengumpulan literatur dari berbagai sumber. Dalam penyampaian ini kami menggunakan metode presentasi supaya audient dapat dengan mudah mencerna materi ini

     E.     Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan pada makalah ini yaitu :
Bab I  : Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, tujuan, metode penulisan, dan sistematika Penulisan.
Bab II : Tinjauan Teoritis tentang konsep dasar hospitalisasi, dan asuhan keperawatan pada klien dengan hospitalisasi secara teoritis .
BAB III :  Penutup terdiri dari Kesimpulan dan Saran
DAFTAR PUSTAKA



BAB II
TINJAUAN TEORITIS

     A.    Konsep Dasar Hospitalisasi
1.      Pengertian
Hospitalisasi merupakan suatu proses yang karena suatu alasan yang berencana atau darurat, mengharuskan klien untuk tinggal dirumah sakit, menjalani terapi dan perawatan sampai pemulangannya kembali kerumah. Selama proses tersebut anak dan orang tua dapat mengalami berbagai kejadian yang menurut beberapa penelitian ditunjukkan dengan pengalaman yang sangat traumatic dan penuh dengan stress, ( Supartini, 2004 hal : 188 ).
Hospitalisasi merupakan pengalaman yang penuh tekanan, utamanya karena perpisahan dengan lingkungan normal dimana orang lain berarti, seleksi perilaku koping terbatas, dan perubahan status kesehatan ( Potter & Perry, 2005, hal : 665 )
Berbagai perasaan yang sering muncul pada anak, yaitu : cemas, marah, sedih, takut, dan rasa bersalah ( Wong, 2000, dalam Supartini, 2004, hal : 188 ).  Perasaan tersebut dapat timbul karena menghadapi sesuatu yang baru dan belum pernah dialami sebelumnya, rasa tidak aman dan tidak nyaman, perasaan kehilangan sesuatu yang biasa dialaminya dan sesuatu yang dirasakan menyakitkan. Tidak hanya anak, orang tua juga mengalami hal yang sama. (Supartini, 2004 hal : 188 ).
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang tua mengalami kecemasan yang tinggi saat perawatan anaknya dirumah sakit walaupun beberapa orang tua juga dilaporkan tidak mengalami karena perawatan anak dirasakan dapat mengatasi permasalahannya (Hallstrom dan Ellander, 1997.  Brewis, E. 1995, dalam Supartini 2004: 188 ).
Apabila anak stress selama dalam perawatan, orang tua menjadi stress pula, dan stress orang tua akan membuat tingkat stress anak semakin meningkat ( Supartini, 2004 hal : 188 ).
Anak adalah bagian dari kehidupan orang tuanya sehingga apabila ada pengalaman yang mengganggu kehidupannya maka orang tua pun merasa sangat stress ( Brewis ,1995, dalam Supartini hal : 188 ).
Proses hospitalisasi dapat menimbulkan trauma atau dukungan, bergantung pada institusi, sikap keluarga dan teman, respon staf, dan jenis penerimaan masuk rumah sakit. ( Stuart, 2007, hal :102 )
Jadi, dapat disimpulkan bahwa hospitalisasi ini merupakan perawatan yang dilakukan selama dirumah sakit dimana terdapat rasa penekanan akan sesuatu yang baru dan belum bisa menerima keadaan dan hospitalisasi juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman serta stress yang bisa dialami oleh klien maupun keluarga.

2.      Macam – macam hospitalisasi
Macam-macam hospitalisasi adalah menurut Lyndon (1995, dikutip oleh Supartini 2004, hal 189),, Sebagai berikut :
a.       Hospitalisasi Informal
Perawatan dan pemulangan dapat diminta secara lisan, dan pasien dapat meninggalkan tempat pada tiap waktu, bahkan jika menentang dengan nasehat medis. Sebagian besar pasien medis dan bedah dirawat secara informal.

b.      Hospitalisasi Volunter
Hospitalisasi volunter memerlukan permintaan tertulis untuk perawatan dan untuk pemulangan. Setelah pasien meminta pulang, dokter dapat mengubah hospitalisasi volunter menjadi hospitalisasi involuter.

c.       Hospitalisasi Involunter
Hospitalisasi Involunter adalah sangat membatasi otonomi dan hak pasien. Keadaan ini tidak memerlukan  persetujuan pasien dan seringkali digunakan untuk pasien yang berbahaya bagi dirinya sendiri dan orag lain. Hospitalisasi Involunter memerlukan pengesahan (sertifikasi) oleh sekurang-kurangya dua dokter; pengesahan dapat berlaku sampai 60 hari dan dapat diperbaharui. Keadaan ini mungkin diminta oleh pegadilan sebagai jawaban atas permohonan dari rumah sakit atau anggota keluarga.

d.      Hospitalisasi Gawat Darurat
Hospitalisasi Gawat Darurat (sementara atau persetujuan satu orang dokter) adalah bentuk yang mirip dengan komitmen involunter yang memrluka pengesahan  atau sertifikasi hanya oleh satu orang dokter; pengesahan berlaku selama 15 hari. Pasien harus diperiksa oleh dokter kedua dalam 48 jam untuk menegakkan perluya perawatan gawat darurat. Setelah 15 hari, pasien harus dipulangkan, diubah menjadi status involunter, atau diubah menjadi status volunter. 

3.      Rentang Respon hospitalisasi
Menurut Supartini ( 2004, hal : 189 ), berbagai macam perilaku yang dapat ditunjukkan klien dan keluarga sebagai respon terhadap perawatannya dirumah sakit, sebagai berikut  :
a.       Reaksi anak terhadap hospitalisasi
Setelah dikemukan diatas, anak akan menunjukkan berbagai perilaku sebagai reaksi terhadap pengalaman hospitalisasi. Reaksi tersebut bersifat individual, dan sangat bergantung pada tahapan usia perkembangan anak, pengalaman sebelumnya terhadap sakit, system pendukung yang tersedia, dan kemampuan koping yang dimilkinya, pada umumnya, reaksi anak terhadap sakit adalah kecemasan karena perpisahan, kehilangan, perlukaan tubuh, dan rasa nyeri. Berikut ini reaksi anak terhadap hospitalisai sesuai dengan tahapan perkambangannya .
1)      Masa bayi ( 0 – 1 tahun )
Masalah utama terjadi adalah karena dampak dari perpisahan dengan orang tua sehingga ada gangguan pembentukkan rasa percaya dan kasih sayang. Pada anak usia lebih dari 6 bulan  terjadi stranger anxiety atau cemas atau cemas apabila berhadapan dengan orang yang tidak dikenalnya dan cemas karena perpisahan. Reaksi yang sering muncul pada anak ini adalah menangis, marah, dan banyak melakukan gerakan sebagai sikap stranger anxiety.
2)      Masa todler ( 2-3 tahun )
                 Anak usia todler bereaksi terhadap hospitalisasi sesuai dengan sumber stresnya. Sumber stress yang utama adalah cemas akibat perpisahan. Respon perilakunya sesuai dengan tahapannya :
a)      Tahap protes, perilaku yang ditunjukkan adalah menangis kuat, menjerit memanggil orang tuanya dan menolak perhatian yang diberikan oleh orang lain.
b)      Tahap putus asa, perilaku yang ditunjukan adalah menagis berkurang, anak tidak aktif, kurang menunjukan minat untuk bermain dan makan, sedih, dan apatis
c)      Tahap pengingkaran, perilaku yang ditunjukan adalah secara samar mulai menerima perpisahan, membina hubungan secara dangkal, dan anak mulai terlihat menyukai lingkungannya.
3)      Masa prasekolah ( 3-6 tahun )
                 Perawatan anak dirumah sakit memaksa anak untuk berpisah dari lingkungan yang dirasakannya aman, penuh kasih sayang, dan menyenangkan, yaitu lingkungan rumah, permainan, dan teman sepermainannya. Reaksi terhadap perpisahan yang ditunjukan anak usia prasekolah adalah dengan menolak makan, sering bertanya, menangis walaupun secara perlahan, dan tidak kooperatif terhadap tenaga kesehatan, perawatan dirumah sakit mengakibatkan anak kehilangan control terhadap dirinya
4)      Masa sekolah (6-12 tahun )
                 Perawatan dirumah sakit memaksa anak untuk berpisah dengan lingkungan yang dicintainya, yaitu keluarga dan terutama pada kelompok sosialnya yang dapat menimbulkan kecemasan. Kehilangan control juga terjadi akibat dirawat dirumah sakit karena adanya pembatasan aktivitas. Kehilangan control tersebut berdampak pada perubahan peran dalam keluarga, anak kehilangan kelompok sosialnya karena ia biasa melakukan kegiatan bermain atau pergaulan social, perasaan takut mati, dan adanya kelemahan fisik.
5)      Masa remaja (12 – 18 tahun )
                 Perawatan dirumah sakit menyebabkan timbulnya rasa cemas karena harus berpisah dengan teman sebayanya. Telah diuraikan pada kegiatan belajar sebelumnya bahwa anak remaja begitu percaya dan sering kali terpengaruh oleh kelompok sebayanya (geng). Apabila harus dirawat dirumah sakit anak akan merasa kehilangan dan timbul perasaan cemas karena perpisahan tersebut. Pembatasan aktivitas dirumah sakit membuat anak kehilangan control terhadap dirinya dan bergantung pada keluarga atau petugas kesehatan dirumah sakit. Reaksi yang sering muncul pada terhadap pembatasan aktivitas ini adalah menolak perawatan atau tindakan yang dilakukan padanya atau anak tidak mau kooperatif dengan petugas kesehatan atau menarik diri dari keluarga, sesama pasien dan petugas kesehatan ( isolasi ).
b.      Reaksi keluarga terhadap hospitalisasi
                 Reaksi yang terjadi akibat pasien yang dirumah sakit adalah sebagai berikut :
1)      Perasaan cemas dan takut
a)      Rasa cemas paling tinggi dirasakan keluarga pada saat menunggu informasi tentang diagnosis penyakit pasien (Supartini, 2000 dikutip oleh Supartini 2004 hal. 193)
b)      Rasa takut muncul pada keluarga terutama akibat takut kehilangan pasien pada kondisi sakit yang terminal (Brewis, 1995 dikutip oleh Supartini 2004 hal. 193).
c)      Perilaku yang sering ditunjukan keluarga berkaitan dengan adanya perasaan cemas dan takut ini adalah : sering bertanya atau bertanya tentang hal sama berulang-ulang pada orang yang berbeda, gelisah, ekspresi wajah tegang dan bahkan marah (Supartini, 2000 dikutip oleh Supartini 2004 hal. 193)   
2)      Perasaan sedih
Perasaan sedih yang dialami keluarga menurut Supartini (2000, dikutip oleh Supartini, 2004 hal.193), adalah sebagai berikut :
a)      Perasaan ini muncul terutama pada saat pasien dalam kondisi terminal dan keluarga mengetahui bahwa tidak ada lagi harapan bagi pasien untuk sembuh.
b)      Pada kondisi ini keluarga menunjukkan perilaku isolasi atau tidak mau didekati orang lain, bahkan bisa tidak kooperatif terhadap petugas kesehatan.
3)      Perasaan frustrasi
Perasaan frustasi yang dirasakan menurut Supartini (2004, hal. 193-194), adalah sebagai berikut :
a)      Pada kondisi pasien yang telah dirawat cukup lama dan dirasakan tidak mengalami perubahan serta tidak adekuatnya dukungan psikologis yang diterima keluarga, baik dari keluarga maupun kerabat lainnya maka keluarga akan merasa putus asa, bahkan frustrasi.    
b)      Sering kali keluarga menunjukkan perilaku tidak kooperatif, putus asa, menolak tindakan, bahkan menginginkan pulang paksa. (Supartini, 2004).

4.      Manfaat hospitalisasi
Menurut Supartini (2004, hal : 198) manfaat hospitalisasi, sebagai berikut :
a.       Membantu perkembangan keluarga dan pasien dengan cara memberi kesempatan keluarga mempelajari reaksi pasien terhadap stresor yang dihadapi selama perawatan di Rumah sakit
b.      Hospitalisasi dapat dijadikan media untuk belajar. Untuk itu perawatan dapat memberi kesempatan pada keluarga untuk belajar tentang penyakit, prosedur,  penyembuhan, terapi, dan perawatan pasien.
c.       Untuk meningkatkan kemampuan kontrol diri dapat dilakukan dengan memberi kesempatan pada pasien mengambil keputusan, tidak terlalu bergantung pada orang lain dan percaya diri. Berikan juga penguatan yang positif dengan selalu memberikan pujian atas kemampuan klien dan keluarga dan dorong terus untuk meningkatkannya
d.      Fasilitasi klien untuk tetap menjaga sosialisasinya dengan sesame klien yang ada, teman sebaya atau teman sekolah. Berikan kesempatan  padanya untuk saling kenal dan membagi pengalamannya. Demikian juga interaksi dengan petugas kesehatan dan keluarga harus difasilitasi oleh perawat karena selama dirumah sakit klien dan keluarga mempunyai kelompok yang baru

5.      Dampak Hospitalisasi
Menurut Asmadi (2008, hal : 36) secara umum hospitaisasi menimbulkan dampak pada lima aspek,yaitu privasi,gaya hidup,otonomi diri,peran,dan ekonomi.
a.       Privasi
Privasi dapat diartika sebagai refleksi perasaan nyaman pada diri seseorang dan bersifat pribadi. Bisa dikatakan,privasi adalah suatu hal yang sifatnya pribadi. Sewaktu dirawat di rumah sakit klien kehilangan sebagian privasinya.
b.      Gaya Hidup
Klien yang dirawat di rumah sakit seringkali mengalami perubahan pola gaya hidup. Hal ini disebabkan oleh perubahan situasi antara rumah sakit dan rumah tempat tinggal klien. Juga oleh perubahan kondisi kesehatan klien. Aktifitas hidup yang klien jalani sewaktu sehat tentu berbeda aktifitas yang dijalaninya di rumah sakit. Apalagi jika yang dirawat adalah seorang pejabat.
c.       Otonomi
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya,individu yang sakit dan dirawat di rumah sakit berada dalam posisi ketergantungan. Artinya ia akan “pasrah” terhadap tindakan apa pun,yang dilakukan oleh petugas kesehatan demi mencapai keadaan sehat. Ini menunjukkan bahwa klien yang dirawat di rumah sakit,akan mengalami peruahan otonomi.
d.      Peran
Peran dapat diartikan sebagai seperangkat perilaku yang diharapkan oleh individu sesuai dengan status sosialnya. Jika ia seorang perawat,peran yang diharapkannya adalah peran sebagai perawat,bukan sebagai dokter. Perubahan terjadi akibat hospitalisasi ini tidak hanya berpengaruh pada individu,tetapi juga pada keluarga. Perubahan yang terjadi antara lain :
1)      Perubahan peran
Jika salah seorang anggota keluarga sakit,akan terjadi perubahan peran dalam keluarga.
2)      Maslah keuangan
Keuangan keluarga akan terpengaruh oleh hospitalisasi,keuangan yang sedianya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga akhirnya digunakan untuk keperluan klien yang dirawat.
3)      Kesepian
Suasana rumah akan berubah jika ada salah seorang anggota keluarga dirawat. Keseharian keluarga yang biasanya dihiasi dengan keceriaan,kegembiraan,dan senda gurau,anggotanya tiba-tiba diliputi oleh kesedihan.
4)      Perubahan kebiasaan sosial
Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat. Karenanya, keluarga pun mempunyai kebiasaan dalam lingkup sosialnya. Sewaktu sehat, keluarga mampu berperan serta dalam kegiatan sosial. Akan tetapi, saat salah seorang anggota keluarga sakit, keterlibatan keluarga dalam aktivitas sosial dimasyarakat pun mengalami perubahan.

6.      Mengatasi dampak hospitalisasi
Menurut Supartini (2004, hal. 196), cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak hospitalisasi adalah sebagai berikut :
a.       Upaya meminimalkan stresor :
Upaya meminimalkan stresor dapat dilakukan dengan cara mencegah atau mengurangi dampak perpisahan, mencegah perasaan kehilangan kontrol dan mengurangi/ meminimalkan rasa takut terhadap pelukaan tubuh dan rasa nyeri
b.      Untuk mencegah/meminimalkan dampak perpisahan dapat dilakukan dengan cara :
1)      Melibatkan keluarga berperan aktif dalam merawat pasien dengan cara membolehkan mereka tinggal bersama pasien selama 24 jam (rooming in).
2)      Jika tidak mungkin untuk rooming in, beri kesempatan keluarga untuk melihat pasien setiap saat dengan maksud mempertahankan kontak antar mereka.
3)      Modifikasi ruangan perawatan dengan cara membuat situasi ruangan rawat perawatan seperti di rumah dengan cara membuat dekorasi ruangan.

    B.     Asuhan Keperawatan Teoritis Klien Dengan Hospitalisasi
1.      Pengkajian
a.       Pada pengkajian biodata atau identitas klien dapat kita kaji meliputi: Nama, Umur, Jenis kelamin (L/P), Nomor CM, Ruang rawat, Tanggal masuk MRS.
b.      Penanggung Jawab klien meliputi:  Orag tua, Wali, atau,Orang lain
c.       Faktor predisposisi
1)      Tanyakan riwayat penyakit masa lalu klien yang pernah diderita dan trauma yang pernah dialami seperti aniaya fisik, aniaya sexual, penolakan, kekerasan dalam keluarga, tindakan kriminal, dan lain-lain, sehingga menyebabkan dia harus masuk rumah sakit atau hospitalisasi dan juga tanyakan pengobatan seperti apa yang pernah dilakukan klien.
2)      Kemudian tanyakan pada klien  apakah didalam anggota keluarganya ada  yang mengalami gangguan jiwa.
3)      Kaji juga pengalaman yang tidak menyenangkan yang pernah dialami oleh klien.
d.      Pemeriksaan fisik
1)      Tanda Vital meliputi: tekanan darah, nadi, suhu, dan respirasi.
2)      Ukur  berat badan dan tinggi badan.
3)      Perkembangan
Bertujuan untuk mengidentifikasikan tingkat perkembangan saat ini dan keterampilan yang dicapai
e.       Observasi respon terhadap hospitalisasi
Bertujuan untuk mengidentifikasikan perilaku koping saat ini dan intesitas mereka.
f.       Riwayat penyakit, hospitalisasi dan perpisahan sebelumnya.
Bertujuan untuk mengidentifikasikan pola koping sebelumnya dan pengaruh koping tersebut.
g.      Riwayat pengobatan
Bertujuan untuk mengidentifikasikan keseriusan masalah dan pengaruhnya pada perkembangan kemampuan.
h.      Persepsi tentang penyakit.
Bertujuan untuk mengidentifikasikan pemahaman pasien saat ini tentang penyakit dan alasan hospitalisasi.
i.        Sistem pendukung yang tersedia
Bertujuan untuk mengidentifikasikan tersedianya dan kesediaan keluarga untuk berpartisipasi dalam perawatan dan pemberian dukungan.
j.        Koping keluarga
Bertujuan untuk menggambarkan kemampuan keluarga apakah memperlihatkan perilaku distruktif yang jelas atau terselubung atau juga menunjukkan adaptasi merusak terhadap stressor.
k.      Ketakutan, kecemasan dan kesedihan keluarga
Bertujuan untuk mengidentifikasikan apakah keluarga mengalami suatu perasaan gangguan fisiologis ataupun emosional yang berhubungan dengan suatu sumber yang dapat diidentifikasi yang dirasakan membahayakan pasien saat dirawat dihospitalisasi.

2.      Diagnosa Keperawatan
                        Diagnosa keperawatan yang dapat diangkat berdasarkan Perry & Potter (2002, hal. 670), adalah sebagai berikut :
a.       Ketakutan berhubungan dengan lingkungan rumah sakit yang menakutkan dan perpisahan dengan keluarga.
b.      Ketidakefektifan koping individu berhubungan dengan sistem pendukung yang tidak adekuat
Sedangkan diganosa keperawatan yang dapat diangkat menurut Lynda Juall Carpenito (1998, hal. 9-14 & hal. 112-114), adalah sebagai berikut :
a.       Ansietas berhubungan dengan kehilangan orang terdekat aktual atau yang dirasakan sekunder terhadap; perpisahan sementara.
b.      Kurang aktivitas berhubungan dengan perawatan dirumah sakit dalam waktu lama.

3.      Rencana Keperawatan
                        Rencana asuhan keperawatan berdasarkan diagnosa Perry & Potter (2002, hal. 670), adalah sebagai berikut :
a.       Ketakutan berhubungan dengan lingkungan rumah sakit yang menakutkan dan perpisahan dengan keluarga.
1)      Tujuan :
Pasien akan mengatasi secara efektif rasa takut yang dihubungkan dengan hospitalisasi.

2)      Kriteria Hasil :
a)      Salah satu dari keluarga tetap tinggal bersama pasien
b)      Keluarga ikut berpartisipasi dalam pemberian makan, kebersihan dan kegiatan pasien sehari-hari.
3)      Intervensi & Rasional :
a)      Beri dorongan kepada keluarga untuk menetap kedalam ruangan dengan pasien atau meminta anggota keluarga lain untuk bersama pasien.
Rasional : Keluarga dapat memberikan rasa aman dan mencegah dari perkembangan dari ketidakpercayaan.
b)      Tanyakan kepada keluarga bagaimana mereka berharap untuk berpartisipasi dalam perawatan pasien
Rasional : Untuk mengurangi kecemasan dan ketakutan keluarga maupun pasien
c)      Orientasikan keluarga pada divisi, suplai dan lingkungan keperawatan
Rasional : Lingkungan yang asing akan mengancam kepercayaan keluarga dan menimbulkan kelemahan terhadap layanan keperawatan yang diberikan.

b.      Ketidakefektifan koping individu berhubungan dengan sistem pendukung yang tidak adekuat.
1)      Tujuan  dan Kriteria Hasil :
a)      Mengidentifikasikan respons-respons yang membahayakan atau mengabaikan
b)      Mengungkapkan kebutuhan akan bantuan dalam mengatasi situasi
c)      Menghubungi sumber-sumber komunitas yang tersedia.
2)      Intervensi & Rasional :
a)      Terima perilaku agresif
Rasional : Perilaku awal yang nyaman memberikan rasa aman
b)      Jelaskan kepada keluarga bahwa perilaku ini normal
Rasional : Penjelasan akan membuat keluarga tahu bahwa ini adalah perilaku koping
c)      Berikan kesempatan kepada pasien untuk keluar menghilangkan rasa takut dan perasaannya.
Rasional : Media ini merupakan cara pasien untuk mengekspresikan perasaan dari dalam.

Sedangkan rencana asuhan keperawatan berdasarkan diagnosa Lynda Juall Carpenito (1998, hal. 9-14 & hal.112 -114), adalah sebagai berikut :
a.       Ansietas berhubungan dengan kehilangan orang terdekat aktual atau yang dirasakan sekunder terhadap; perpisahan sementara.
1)      Tujuan dan Kriteria Hasil
a)      Menggambarkan ansietas dan pola kopingnya
b)      Menghubungkan peningkatan psikologi dan kenyamanan fisiologis
c)      Menggunakan mekanisme koping yang efektif dalam menangani ansietas, seperti yang ditunjukkan.
2)      Intervensi dan Rasional
a)      Kaji ansietas : ringan, sedang, berat, panik
b)      Memberikan kenyamanan dan ketentraman hati
c)      Singkirkan stimulasi yang berlebihan, batasi kontak dengan orang lain atau keluarga yang juga mengalami cemas
d)     Bantu klien yang sedang marah: identifikasi adanya marah.
e)      Bila berkenan, berikan aktivitas yang dapat mengurangi ketegangan.
b.      Kurang aktivitas berhubungan dengan perawatan dirumah sakit dalam waktu lama.
1)      Tujuan dan Kriteria Hasil
a)      Menceritakan perasaan bosan dan mendiskusikan metode tentang cara menemukan aktivitas yang dapat menghibur
b)      Menceritakan metode koping dengan perasaan marah atau defresi yang disebabkan oleh kebosanan
c)      Melaporkan adanya suatu peningkatan dalam aktivitas yang menyenangkan
2)      Intervensi dan Rasional
a)      Rangsang motivasi dengan memperlihatkan minat dan mendorong untuk dapat saling berbagi perasaan-perasaan dan pengalaman-pengalaman
b)      Bantu individu untuk mengatasi perasaan-perasaan marah dan berduka
c)      Libatkan individu dalam merencanakan rutinitas sehari-hari
d)     Rencanakan waktu untuk para pengunjung.

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Hospitaliasi merupakan hal yang tidak menyenangkan bagi pasien dan keluarga karena disana mereka akan berpisah dan perpisahan tersebut dapat menyebabkan adanya kekhawatiran, kecemasan dan ketakutan dari kedua belah pihak baik itu keluarga maupun pasien itu sendiri. Harus diingat juga bahwa apabila pasien stress selama dalam perawatan, keluarga menjadi stress pula, dan stress keluarga akan membuat tingkat stress pasien semakin meningkat karena pasien adalah bagian dari kehidupan keluarga nya sehingga apabila ada pengalaman yang mengganggu kehidupannya, keluarga pun merasa sangat stress. Dengan demikian, perawatan tidak hanya berfokus pada pasien, tetapi juga pada keluarga.
Apabila perawat sudah memahami dampak dan akibat dari hospitalisasi maka hendaknya kita sudah mengantisipasi dengan cara memberikan koping yang positif kepada pasien dan keluarga agar tidak terjadi hal-hal seperti diatas. Dan tidak hanya itu, apabila sudah mengalami tanda-tanda diatas maka yang seharusnya dilakukan adalah dengan mengatasi stress, ansietas, ketakutan dan bahkan kesedihan yang dialami pasien dan keluarga.

B.     SARAN
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penyusun mengambil saran dalam rangka meningkatkan pelayanan asuhan keperawatan. Saran-saran adalah sebagai berikut :
1.      Untuk Keluarga
Apabila sudah mengetahui dan memahami akibat yang akan dilakukan oleh pasien akibat hospitalisasi, maka sebagai orang terdekat dengan pasien harus memberikan support dan dorongan yang efektif kepada pasien agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
2.      Untuk Perawat
Bagi seorang perawat sebaiknya harus memahami dan mengerti baik secara teoritis maupun praktek tentang hospitalisasi agar dapat menerapkan dan memberikan pelayanan yang efektif kepada pasien dan keluarga yang mungkin mengalami stress, cemas, takut, sedih dan bahkan marah
3.      Untuk Rumah Sakit
Bagi rumah sakit hendaknya mendekorasi ruangan rumah sakit dengan seindah mungkin agar pasien tidak merasa takut dan gelisah berada dirumah sakit serta agar pasien merasa nyaman berada dirumah sakit sehingga hal yang tidak diinginkan tidak terjadi..





DAFTAR PUSTAKA

Asmadi, 2008. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : EGC
Carpenito, Lynda Juall. (1997). Buku Saku Diagnosa Keperawatan Edisi 6. Jakarta: EGC
Perry & Potter.(2002). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Edisi 4. Jakarta: EGC
Stuart, Gail W. 2007. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 5. Jakarta : EGC.
Supartini, Yupi. (2004). Konsep Dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC

0 comments: